Manfaat Berwudhu Yang Tidak Banyak Diketahui Muslim

Manfaat Berwudhu Yang Tidak Banyak Diketahui Muslim

Manfaat Berwudhu Yang Tidak Banyak Diketahui Muslim

Manfaat Berwudhu –  Berwudhu adalah aktifitas yang akrab dilakukan oleh semua muslim. Sebelum sholat, sebelum mengaji dan banyak aktifitas lain yang mensyaratkan berwudhu. Bahkan sebelum belajar dan sebelum tidur pun juga disunnahkan untuk berwudhu. Mengapa berwudhu menjadi aktivitas yang penting bagi seorang muslim? Karena manfaat berwudhu sangat banyak. Berikut ini adalah manfaat berwudhu yang tidak banyak diketahui muslim. Apa saja?

5 Manfaat Berwudhu

1. Membuat Makanan Menjadi Berkah

Manfaat  berwudhu adalah makanan yang disantap seseorang akan menjadi berkah ketika ia dalam kondisi berwudhu. Nabi SAW bersabda , “keberkahan makanan adalah dengan berwudhu sebelum dan sesudahnya’’(H.R abu dawud)

2. Membuka Aura/Cahaya di Hari Kiamat

Orang yang rajin berwudhu juga akan membuat wajahnya bercahaya, baik didunia maupun diakhirat. Abu Hurairah R.A ,Berkata ‘’aku mendengar Rasulullah Saw bersabda,’’Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas berwudhu ,maka barang siapa mampu untuk memanjangkan ghurra hendaklah melakukannya’’( H.R al bukhari dan muslim) Jadi berwudhu merupakan salah satu cara membuka aura secara islami, yang terkadang tidak kita sadari.

3. Dosa Berguguran Bersama Air Wudhu

Diriwayatkan dari Abu Hurairah R.A ,Rasulullah SAW besabda: Artinya .’’apabila seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu,maka tatkala ia membasuh wajahnya keluarlah dari wajahnya seluruh dosa yang dilakukan matanya bersamaan dengan air itu atau dengan tetesan terakhirnya.Apabila dia membasuh dua tangannya maka akan keluar seluruh dosa yang dilakukan tangannya bersamaan dengan air itu atau tetesan air yang terakhir .Apabila dia membasuh dua kakinya maka kelurlah seluruh dosa yang telah dilangkah oleh kakinya bersama air atau tetesan nya yang terakhir sehingga dia selesai berwudhu dalam keadaan bersih dari dosa –dosa ‘’(H.R Muslim)

Atas dasar hadits diataslah ,sebagian ulama mengatakan bahwa sebaiknya air bekas wudhu jangan di lap atau bersihkan dengan kain. Biarkan air wudhu itu kering dengan sendirinya. Sebab,setiap tetesan air wudu ternyata mampu melebur jumlah dosa yang pernah kita lakukan. Nabi SAW bersabda ,’’muka dan tangan kalian nanti di hari kiamat berkilauan bekas dari wudhu’’(H.R Muslim). Rasulullah bersabda ,’’Mereka umatku nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu mereka (H.R Muslim)

Manfaat berwudhu yang ajaib adalah ketika kita memandang wajah seseorang yang berwudhu  timbul ketenangan dan ketentraman,inilah salah satu resep beliau. Aura yang keluar bukan menyebabkan timbul birahi tetapi timbul keberkahan.kalau dari sifat diri kita sudah bagus maka aura wajah pun akan timbul dengan sendirinya.

4. Dosa Terhapus dan Derajat Terangkat

Abu Hurairah R.A ,Rasulullah SAW bersabda ‘’Maukah kalian aku tunjukkan kepada sesuatu yang dengan nya Allah akan menghapus dosa – dosa dan mengangkat beberapa derajat?’’ para sahabat menjawab ‘’tentu ya Rasulullah .Nabi bersabda,’’Menyempurnakan Wudhu’’ dalam keadaan tidak disukai(seperti cuaca sangat dingin) ,memperbanyak langkah menuju masjid ,menunggu shalat setelah sholat dan itulah ribath (H.R Muslim)

5. Tidurnya orang yang berwudhu didoakan malaikat.Jika meninggal ,ia syahid

Wudhu sebelum tidur itu sangat penting.sebab Nabi sendiri selalu mengerjakannya.selain bernilai ibadah, manfaat berwudhu sebelum tidur juga dianjurkan oleh pakar kesehatan.Menurut mereka, kita dianjurkan untuk selalu mencuci kaki ,mulut dan muka sebelum tidur dan rangkaian ini terdapat dalam wudhu .

Rasulullah SAW bersabda:’’barang siapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci ( berwudhu) maka malaikat akan tetap mengikuti ,lalu ketika ia bangun niscaya malaikat itu akan berucap ,’’yaa Allah ampunilah hamba-Mu si fulan ,karena ia tidur dimalam hari dalam keadaan selalu bersucu’’(H.R Ibnu Hibban dari Ibnu Umar R.A).

Luar biasa bukan manfaat berwudhu? Nah mulai sekarang mari kita istiqomahkan berwudhu setiap ingin beribadah atau melakukan sesuatu hal. Mari kita bertekad menjadi seorang penjaga wudhu. Semoga Allah merahmati usaha kita untuk istiqomah berwudhu.

Baca juga artikel lainnya :

·

Comments are disabled.