Bagaimana Cara Mencari Guru Spiritual Yang Tepat?

Bagaimana Cara Mencari Guru Spiritual Yang Tepat?

Mencari Guru Spiritual

Mencari guru spiritual  – Saat Kini di tengah masyarakat sering didengar istilah “guru spiritual”, meski belum tentu semua orang memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan guru spiritual. Guru spiritual ini memiliki tugas yang tidak sama dengan guru-guru di bidang pendidikan yang mengajar di sekolah atau mengajar dilembaga-lembaga pendidikan. Pada hakikatnya, guru spiritual ini bertugas memberikan pencerahan kepada murid-muridnya tentang  berbagai hal yang sifatnya spiritual. Seperti  bagaimana memahami kejadian dalam hidup dari sisi spiritual, bagaimana mengatasi masalah hidup secara spiritual, bagaimana menemukan solusi secara spiritual. Termasuk  mengajarkan bagaimana cara mencapai kemuliaan hidup,serta kebahagiaan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Oleh karena itu guru spiritual kini banyak dicari oleh berbagai kalangan masyarakat. Terutama kaum selebriti, pengusaha atau pebisnis, politikus, profesional, ataupun seseorang yang memiliki jabatan tinggi di masyarakat dan pemerintahan. Kebanyakan dari mereka yang mencari guru spiritual adalah orang-orang dengan mobilitas tinggi. Hidup penuh dengan kompetisi atau persaingan, memiliki musuh, banyak masalah, hidupnya tidak tenang, terlalu sibuk. Sehingga hidupnya tidak bahagia meski semua telah dimilikinya.

Banyaknya orang-orang dengan berbagai permasalahannya tersebut menjadikan seorang guru spiritual banyak dicari. Nah kondisi ini terkadang dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk memanfaatkan situasi. Yaitu dengan mengaku-ngaku bahwa dirinya adalah guru spiritual. Untuk itu Anda perlu berhati-hati dalam mencari guru spiritual. Jangan sampai salah pilih apalagi salah jalan karena bertemu dengan orang yang salah. Bagi Anda yang ingin mencari guru spiritual, tetaplah berpedoman dengan mencari guru spiritual yang sejati. 

Baca juga: 7 Cara Mencari Guru Spiritual Islam Yang Perlu Anda Tahu

Mencari Guru Spiritual

Bagaimana cara mencari guru spiritual agar tidak salah pilih?

Siapapun yang saat ini sedang mencari guru spiritual sejati carilah guru yang benar-benar bisa membuat  Anda menemukan pencerahan dalam hidup secara spiritual. Dan mampu memberi solusi kepada Anda atas berbagai masalah yang Anda alami. Sehingga Anda mampu meningkatkan kualitas spiritual Anda  dan mendapatkan apapun yang Anda cari dalam hidup ini. Sebaiknya Anda lebih jeli dan jangan sampai terkecoh sehingga memilih guru spiritual yang salah. Yang justru akan menambah masalah Anda. Atau bahkan bisa menipu dan merugikan Anda. Untuk itu, Anda perlu membaca beberapa cara memilih guru spiritual sejati berikut ini:

1. Mencari guru yang mengutamakan kepentingan kemaslahatan hidup dunia dan akhirat.

Seorang guru spiritual  sejati, biasanya akan memberikan pengajaran kepada para muridnya mengenai cara-cara mencapai kemuliaan hidup dunia-akhirat. Bukan hanya untuk kepentingan hidup duniawi semata yang sifatnya fana dan sementara. Begitupun dengan pencerahan atau solusi-solusi spiritual yang diberikan senantiasa mempertimbangkan kebaikan hidup Anda dunia dan ahirat.

2. Mencari guru yang menguasai ilmu agama dengan benar dan tepat

Seorang guru spiritual sejati, biasanya memiliki pemahaman mengenai ilmu agama secara tepat dan benar. Oleh karena itu seorang guru spiritual biasanya adalah tokoh agama, dalam agama islam, guru spiritual bisa seorang kiyai, syeh, habib dan sebagainya , yang memang telah menguasai ilmu agama secara mendalam.  Begitupun ketika Anda memilih guru spiritual yang dari berasal dari agama lain, Ia akan bersikap bijak dalam menanggapi semua realita kehidupan berdasarkan ajaran agama.

3. Mencari guru yang memiliki pemikiran yang rasional

Spiritualitas adalah hal yang berbeda dengan rasionalitas. Namun dalam mencari guru spiritual, sebaiknya Anda tetap mencari guru yang memiliki pemikiran rasional dan lebih dari itu paham situasi dan kondisi jaman now. Guru spiritual, biasanya memiliki pemikiran yang rasional, yaitu mampu menjelaskan sesuatu hal yang terjadi di dalam kehidupan menurut pandangan sesuai keyakinan dan agamanya, bukan dari hal-hal di luar nalar dan bersifat takhayul.

Pemikiran rasional ini juga harus diselaraskan dengan situasi dan kondisi sehingga memungkinkan sang guru memberikan pandangan, nasehat serta solusi yang selaras dengan potensi yang ada dalam diri murid, kemampuannya serta harapannya.

4. Menemukan guru spiritual yang ada pada dalam diri sendiri

Guru spiritual  yang paling hakiki sebenarnya ada di dalam diri Anda. Anda bisa menemukannya jika Anda memiliki hubungan yang dekat dengan Allah sehingga kondisi jiwa dan raga serta  pikiran Anda tenang dan bersih. Dengan begitu Anda bisa mendengarkan kata hati dan suara jiwa yang menuntun Anda kepada kebaikan-kebaikan. Mengapa bisa demikian? Karena dalam diri Anda sebenarnya ada energi kehidupan yang mampu menggerakkan diri Anda sepenuhnya untuk menemukan hakekat kehidupan yang sebenarnya atas diri Anda.

Namun untuk bisa menemukan guru spiritual dari dalam diri Anda sendiri setiap orang memerlukan kepekaan rohani sehingga bisa menangkap signal-signal kehidupan yang terbaik untuk Anda. Namun ini tidak mudah. Ketika siklus kehidupan terus berjalan dimana setiap orang harus berinteraksi dengan orang lain dan berbagai hal serta situasi dalam hidup ini terkadang sensitifitas batin bisa memudar. Dan yang ada justru nafsu, yaitu nafsu amarah, keserakahan, tamak, dendam dan sebagainya yang apabila dibiarkan akan semakin menumbuhkan kegelisahan dan berbagai masalah kehidupan lainnya. Termasuk kehidupan spiritual Anda akan sangat mudah terganggu.

Jika Anda mampu menemukan guru spiritual dalam diri sendiri maka Anda dapat mencapai kehidupan yang tenang, bahagia, sehat, dan sukses. Untuk itu Anda perlu pembimbing yang mampu mengarahkan Anda untuk bisa menemukan guru spiritual dalam diri. Yaitu bagian dari diri Anda yang baik, yang dalam istilah spiritual jawa biasa disebut “sedulur papat limo pancer”. Yaitu pendamping sekaligus pelindung dari diri kita sendiri.  Sedulur adalah saudara dan papat adalah 4 yang bermakna perlindungan dari 4 arah mata angin. Dan kata 5 pancer adarah diri kita sebagai pusat atau pengontrol. Manfaat dari sedulur papat itu dalam filosofi jawa adalah dapat dijadikan sebagai sarana untuk konsultasi dan memberikan saran kepada kita tentang  berbagai masalah yang dihadapi layaknya guru spiritual.

Baca juga: 5 Cara Bertemu Guru Sejati Dalam Diri Sendiri

*******

Demikian beberapa cara memilih sekaligus mencari guru spiritual yang bisa Anda praktekkan. Jika Anda sudah mempraktikkan beberapa atau semua cara di atas, namun Anda masih saja belum mampu menemukan guru spiritual sejati seperti yang Anda harapkan, Anda bisa menggunakan cara berikut ini.

Yaitu dengan mengikuti program pelatihan Gemblengan Ilmu Metafisik (GIM-Bioenergi) di Bioenergi Center. Melalui program pelatihan GIM-Bioenergi Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat tidak hanya bagaimana mencari guru spiritual, namun Anda juga dapat mengetahui ilmu spiritual dan ilmu metafisik serta dapat mengelola dan memanfaatkan ilmu spiritual dan ilmu metafisik sebagai solusi masalah hidup Anda. Termasuk untuk mewujudkan harapan keinginan dalam hidup Anda. Manfaat dan sekaligus keuntungan lain yang Anda dapatkan adalah, dalam program pelatihan GIM-Bioenergi, Anda akan dibimbing langsung oleh Bp. HM. Syaiful M. Maghsri.  Beliau merupakan guru spiritual No. #1 di Indonesia.

Jadi Anda tidak perlu mencari guru spiritual lagi karena Anda sudah langsung menemukannya, serta mendapat bimbingan dan pengarahan langsung dari beliau. Dengan mengikuti program pelatihan GIM-Bioenergi, Anda juga akan mendapatkan proses spiritual yang dinamakan Bioenergi Metafisika Adjustment. Yaitu proses spiritual yang berfungsi untuk menetralisir energi negatif, menyelaraskan dan menyeimbangkan energi dalam diri sekaligus meningkatkan frekuensi energi Anda, termasuk meningkatkan kualitas energi spiritual. Dimana peningkatan kualitas energi akan mempercepat Anda dalam mengatasi masalah dan mewujudkan harapan dalam hidup Anda.

Baca juga: Gemblengan Spiritual  Cara Mudah Melejitkan Potensi  & Kesuksesan Dalam Hidup